Burung Peliharaan Kita

Hampir tidak ada tempat di dunia ini yang tidak ditinggali burung. Di negeri paling dingin di dunia, yang suhunya selalu jauh di bawah titik beku, burung-penguin hidup dengan nyaman. Sebaliknya, gurun- gurun pasir benua Afrika yang dikenal sebagai tempat paling panas di dunia, menjadi tempat berkeliaran burung- burung elang dan burung nazar si pemakan bangkai. Demikian juga gunung karang, hutan lebat, bahkan gedung-gedung di kota yang ramai juga menjadi tempat tinggal burung.

Fungsi burung bagi manusia juga sangat beragam. Sebagai unggas kaya protein hewani, burung menjadi bahan pangan yang lezat dan bergizi tinggi. Selain ayam dan itik yang sudah sangat dikenal, beberapa jenis burung juga menjadi santapan khas di beberapa tempat di dunia. Kalkun misalnya, sulit dipisahkan dari hidangan thanksgiving day di Amerika Serikat, atau burung dara yang menjadi bagian dari hidangan gudeg Jogya. Merpati dan puyuh juga menjadi unggas konsumsi yang banyak penggemarnya.


Sebaliknya burung yang suara maupun warna-warni bulunya sangat menarik tidak dijadikan unggas konsumsi, melainkan menjadi hewan peliharaan yang sangat populer. Demikian banyaknya penggemar burung sehingga beberapa jenis tertentu menjadi semakin langka dan harus dilindungi. 

Posting Komentar

  © Pasar Agro Online Indonesia by Agrosukses.com 2016

Back to TOP